Hutan

Rabu, 29 April 2015

Haga Altimeter / Hagameter

Nih, mimin jelasin dulu satu-satu alat pengukur dimensi pohon. Hagameter biasanya digunakan untuk mengukur tinggi pohon. Sebenarnya alat ini dapat pula difungsikan untuk mengukur tinggi apa saja, termasuk kelerengan. Kecenderungan pengukuran tinggi pohon dengan Hagameter selama ini pada posisi relatif datar. Bagaimana cara penggunaannya, cek langsung aja kebawah


Gambar 1. Hagameter 





Cara penggunaannya :

  1. Fungsikan alat penunjuk arah tinggi, dengan memutar tombol untuk berbagai jarak pohon dari pengukuran ( bisa 10, 15, 20m dll ).
  2. Atur posisi pembidik dengan jarak antara pembidik dengan pohon yang akan di ukur sesuai dengan skala jarak yang digunakan.
  3. Buka kunci jarum penunjuk dengan menekan knop / tombol.
  4. Lakukan pembidik melaluhi visir ke pangkal pohon kemudian kunci dengan menekan tombol / knop.
  5. Baca dan catat skala yang ditunjukkan jarum.
  6. Lakukan bidikan ke ujung pohon yang di inginkan ( puncak / cabang pertama ), kunci jarum penunjuk dengan menekan knop / tombol.
  7. Baca dan catat skala yang di tunjukkan jarum.
Tinggi pohon adalah :
  1. Jika posisi pembidik dan pohon berada di lapangan datar, maka tinggi pohon adalah penjumlahan hasil bidikan ke pangkal dan ujung pohon.
  2. Jika posisi bidik berada di atas posisi pohon, maka tinggi pohon adalah pengurangan penjumlahan hasil bidikan ke pangkal dan ujung pohon
  3. Jika posisi bidik berada di bawah posisi pohon maka tinggi pohon adalah pengurangan hasil bidikan keatas ujung pohon dengan hasil bidikan ke pangkal pohon.
  4. Berikut rumus yang dapat digunakan:
    •   jika menggunakan skala ukur derajat (derajat-sudut)
                T = (tg α – tg β) . Jd
    • jika menggunakan skala ukur persen (%sudut)
                T = [(%MC – %MA)/100].Jd
Mimin tambahin juga foto praktik dilapangan oleh salah satu temen mimin (FierdazSabda) waktu menggunakan Hagameter ini di lapangan.

Gambar 2. Proses Pembidikan

Bila dilihat secara kasat mata, Hagameter terlihat simpel dan ringan. Tetapi jangan salah ternyata harga dari alat pengukur tinggi pohon ini mahal, harganya bisa sampai 6 jutaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar